Rabu, 04 Juni 2008

Ikan Mas Koki: Tiongkok Kampung si Ikan mas Koki

Ikan Mas Koki

Kini di Tiongkok maupun luar negeri semakin banyak orang gemar memelihara ikan hias, nilai transaksi ikan hias di Propinsi Guangdong Tiongkok selatan di atas satu milyar Yuan RMB atau sekitar 1,2 miliar dolar Amerika pertahunnya. Ikan mas koki merupakan salah satu jenis ikan hias yang paling umum, namun tentang “riwayat” ikan mas koki barangkali banyak orang masih tidak mengetahuinya.

Tiongkok adalah kampung halaman ikan mas koki. Jauh pada zaman Dinasti Song ( antara tahun 960 dan 1279) rakyat Tiongkok sudah mempunyai kebiasaan memelihara ikan koki di rumah . Dan sampai Dinasti Ming ( antara tahun 1368 dan 1644) , kebiasaan memelihara ikan mas koki menjadi lebih marak lagi, hampir setiap keluarga memelihara ikan tersebut. Nenek moyang ikan koki adalah ikan mujair, melalui perkembangan alam raya dan pembudi-dayaan dalam waktu panjang, lahirlah keluarga ikan mas koki yang seperti sekarang ini. Dinasti Qing ( antara tahun 1644 dan 1911) adalah zaman paling maraknya pemeliharaan ikan mas koki di Tiongkok, dan jenisnya pun sudah semakin berkembang banyak. Tahun 1502, ikan koki untuk pertama kali dibawa ke Osaka Jepang, dan di sana dikembangkan jenis-jenis baru. Sehingga kemudian Jepang dan Tiongkok menjadi dua negara utama peternak dan pengekspor ikan mas koki di dunia. Tahun 1611, ikan mas koki diperkenalkan ke Perancis dari Guangzhou. Sejak dari itu, ikan mas koki berangsur-angsur masuk ke berbagai negara Eropa, benua Amerika serta Asia dan Afrika.

Menurut catatan, sejauh ini jenis ikan mas koki sudah mencapai lebih 300, dan sekitar 170 jenis di antaranya sudah sangat populer. Para pakar membagi ikan mas koki dalam 4 jenis menurut bentuk tubuhnya. Pertama, jenis akar, juga disebut jenis mujair emas, merupakan jenis primitif ikan mas koki dengan bentuk tubuh kumparan, mirip dengan ikan mujair. Jenis-jenis yang utama antara lain Mujair Emas, Ikan mas Koki Akar dan Ikan mas Koki Belang Merah Putih. Kedua, jenis Wen atau halus, ikan mas koki jenis tersebut bentuk tubuhnya pendek dan bulat, sirip dada dan sirip perutnya tumbuh simetris, sirip ekornya berdaun empat dan terbelah di tengah, karena bentuknya mirip huruf Tionghoa wen , maka disebutnya jenis Wen. Ikan mas koki bertopi atau kepala tinggi dan ikan mas koki mutiara tergolong jenis tersebut. Ketiga, jenis naga, jenis ini terbilang yang termahal, dan dianggap jenis ikan mas koki yang paling ortodoks. Bentuk tubuhnya gemuk dan pendek, kepalanya datar dan lebar, semua siripnya sangat berkembang, bola matanya besar dan menyembul keluar dari lekuk mata, sehingga disebutnya mata naga. Jenis ikan mas koki tersebut sangat banyak , antara lain Mata Naga Merah, Mata Naga Hitam, Mata Naga Ekor Kupu-kupu dan Mata Naga Mutiara. Keempat, jenis telur, ikan mas koki jenis tersebut tubuhnya berbentuk oval, sebagian terbesar tidak bersirip pada punggungnya, memiliki sirip ganda pada ekor dan bagian belakang tubuhnya , ada yang berekor panjang dan berekor pendek. Ikan mas koki Kepala Harimau, Ikan mas Koki Mata Gelembung dan Ikan mas Koki Mata Feniks merupakan ikan mas koki jenis oval.

Menurut para pakar, ikan mas koki yang unggul harus sekaligus memiliki keindahan bentuk tubuh, keindahan gaya gerak dan keindahan warna. Untuk menilai ikan mas koki terutama harus melihat bentuk tubuhnya, mata , ekor, gaya gerak dan warnanya. Bentuk tubuh ikan mas koki bermacam-macam, tapi bila ditinjau dari bentuk kepalanya, yang berbentuk persegi terbilang yang terbaik. Mata ikan mas koki merupakan bagian terpenting untuk menilai keindahannya. Mata ikan mas koki bermacam-macam, ada yang disebut mata naga, mata gelembung dan mata menatap langit. Ikan mas koki yang matanya besar dan bulat, seperti buah dekak-dekak atau swipoa dan menyembul keluar dari lekuk mata, dan sangat simetris mata kanan dan kiri disebut ikan mas koki bermata naga. Ikan mas koki bermata gelembung, kedua matanya menggelembung besar, lunak dan tembus cahaya, dan amat simetris di bagian kanan dan kiri. Sedang ikan mas koki bermata menatap langit, kedua bola matanya hitam kelam dan membalik ke atas kepala, seluruh bola matanya menyembul keluar dari lekuk mata dengan sangat semetrik di bagian kanan dan kiri. Ekor ikan mas koki juga merupakan bagian penting untuk menilai keindahannya, ada yang berekor kecil seperti daun bambu melambai-lambai ditiup angin, ada yang berekor besar seperti daun mapel di musim gugur. Semua ekor ikan mas koki baik yang panjang maupun pendek, baik yang besar ataupun kecil, mengembang dan menutup serta berlambaian di bawah air, sangat indah mempesona. Ikan mas koki yang tengah berenang paling dapat memperlihatkan keindahannya, tak peduli ikan itu berwarna merah menyala seperti api membara, putih bersih bak salju atau hitam kelam, semua terlihat sangat indah mengagumkan ketika bergerak.

2 komentar:

SCREET METODE mengatakan...

Display dan layut yang sangat apik ,rapi dan menawan
sukses dech untuk blognya
dan gemana pendapatan di Adsensecamp ? sudah lumayan? semoga
G'LUCK

SCREET METODE mengatakan...

Gemana cari layout ? where do you have code CSS ?

try to share and try to visiting at our blog

Suceed and GBU